Tempat Wisata Menarik di Kolombia

Negara Kolombia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam tempat wisata menarik. Negara ini terletak di Amerika Selatan, yang juga sering disebut sebagai Amerika Latin dan posisinya cukup dekat dengan Spanyol. Banyak tempat wisata menarik dengan berbagai kriteria dapat dikunjungi di negara ini. Berbagai keinginan yang spesifik akan liburan pun dapat dipenuhi hanya dengan berkunjung mengelilingi negara Kolombia. Wisata alam, mengunjungi gedung-gedung kuno yang bersejarah, menikmati kuliner lokal yang tersedia, hingga berpetualang ke alam lepas seperti tayangan televisi Discovery Channel pun dapat dilakukan!

Beberapa kota populer di negara ini merupakan perpaduan di antara budaya modern dan tradisional yang menjadikan kota-kota ini terlihat unik. Banyak spesifikasi kota yang juga bisa memenuhi kebutuhan khusus dari para pengunjungnya, seperti menjelajahi laut lepas, mendaki gunung, tantangan adrenalin dengan mengunjungi hutan dengan jutaan hewan liar didalamnya, hingga sebatas hanya ingin mencoba kuliner lokal sambil menyeruput secangkir kopi yang menjadi produk unggulan dari negara Kolombia sambil menikmati suasana pedesaan yang sejuk dan tidak padat manusia. Terlebih lagi jika kamu suka untuk melihat berbagai tingkah menggemaskan dari aneka hewan, atau bahkan menjadi sosok pecinta binatang. Maka kamu dipastikan harus mampir menjelajahi negara Kolombia ini. Tanpa panjang lebar lagi, mari kita simak penjelasan akan berbagai tempat wisata menarik dari negara Kolombia!

1. Cartagena

Cartagena menjadi salah satu kota yang populer dari negara Kolombia karena berhasil menggabungkan keindahan bangunan dari hasil sejarahnya dan kekayaan budaya. Aneka bangunan seperti pelabuhan, benteng, hingga berbagai monumen menarik dapat dikunjungi dari salah satu kota populer di wilayah Amerika Selatan ini. Kota Cartagena memiliki pembagian dalam zona kotanya, dimana tiga daerah utama yang menjadi poin pembagiannya yaitu kota San Pedro, bentuk bangunan gereja dan istana dengan gaya bangunan ala Andalusia, kota San Diego sebagai tempat yang menjadi lokasi perdagangan bagi aneka kaum menengah, hingga Getsemani kota yang populer akan pemukimannya.

 

2. Bogotá

Bogotá menjadi salah satu lokasi yang terlihat modern bagi negara Kolombia. Kota ini juga disebut sebagai kota kosmopolitan yang sering dibawakan dalam menggambarkan sejarah 500 tahun berdirinya negara Kolombia secara bebas tanpa dibawah pengaruh negara manapun. Terdapat museum emas terkenal yang dapat  dikunjungi di kota ini. Tentunya bagi para pengunjungnya yang menyukai wisata bersejarah, kota ini akan menjadi lokasi destinasi yang ditunggu-tunggu. Banyak peninggalan karya seni pada masa Colombus yang dipajang di museum kota Bogotá. Aneka wisata kuliner juga turut dapat kamu nikmati di berbagai restoran standar dunia, hingga hunting mencari barang-barang menarik saat berbelanja di tempat perbelanjaan di kota ini. Lokasi kota saat malam hari khususnya di Zona Rosa juga terlihat menarik untuk dikunjungi. Duh, betapa romantisnya!

3. Coffee Triangle

Sesuai dengan namanya, kota ini merupakan salah satu kota yang terkenal akan produk kopinya di seluruh dunia. Tersedia banyak tur yang bisa dinikmati saat berkunjung ke kota ini, seperti salah satunya yang pasti tur mengelilingi aneka tempat produksi kopi maupun kedai cafe yang terkenal. Jika kamu pecinta kopi, maka dipastikan kamu harus mampir ke kota di Kolombia ini. Salah satu jenis tur wisata yang terkenal dari kota ini adalah berkunjung ke daerah pedesaan hijau yang menyegarkan pikiran. Udara sejuk di pedesaan juga akan menyegarkan seluruh pikiran penatmu. Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan disana seperti menjelajahi kebun kopi, berkuda, hingga mengunjungi lembah kokoa. Desa ini juga terkenal akan pohon palemnya yang menjulang tinggi, hingga bahkan disebut tanaman palem tertinggi di dunia.

4. Tayrona National Park

Taman nasional ini menjadi salah satu tempat wisata yang sering untuk dikunjungi turis. Banyak orang menjadikan taman wisata ini sebagai pusat tujuan wisatanya, hal ini didukung dengan faktor harta karun wisata alam yang tampak dari taman ini. Aneka satwa liar tropis hidup di taman dengan luas 15.000 hektar ini. Bahkan para pengunjungnya bisa turut serta melakukan olahraga scuba diving disini, berselancar di tengah keindahan alam betapa menyenangkannya bukan?

5. Amazon

Semua orang tentunya mengetahui akan Amazon. Tapi tunggu dulu, Amazon disini bukan maksudnya tempat bermain seperti yang banyak tersedia di mall-mall kota besar ya! Amazon adalah hutan hujan yang berada di wilayah Kolombia yang begitu kaya akan aneka macam flora dan satwa liar. Berbagai spesies langka seperti lumba-lumba merah muda, ular besar anaconda, dan kucing liar jaguar, hingga begitu banyak jenis burung dapat ditemukan dengan mudah di wilayah ini. Ternyata ada lumba-lumba yang disebut berjenis merah muda! entah apakah mamalia laut itu benar-benar berwarna merah muda atau tidak. Tapi tentu saja karena wilayah ini benar-benar hutan sungguhan, kamu perlu berhati-hati jika berkunjung kesini. Bisa jadi kamu akan berpapasan dengan anaconda sungguhan, bukan hanya anaconda seperti yang terdapat di video klip aktris populer Nicky Minaj! Hutan Amazon ini tergolong cukup luas, hingga mencapai 1 milyar hektar besarnya. Bahkan saking besarnya hutan hujan ini, bagiannya hingga meliputi seluruh penjuru negara di Amerika Latin seperti Kolombia, Venezuela, Brazil, Peru, dan Ekuador. Saking besarnya hutan ini, hampir setengah dari jumlah aneka tanaman, hewan dan serangga yang terdapat di seluruh dunia hidup disini! Hutan Amazon ini juga menyumbang peran besar bagi keseimbangan dunia, dimana memproduksi oksigen dengan kapasitas 20% yang dibutuhkan di dunia. Maka dari itu kita harus benar-benar melestarikan wilayah alam seperti ini ya!

6. San Andreas dan Kepulauan Providencia

Jika kamu menyukai wisata snorkeling dan menikmati keindahan laut, maka wisata ini merupakan pilihan yang paling tepat untukmu! Terkenal sebagai salah satu objek wisata yang kaya akan aneka jenis tanaman lautnya, aneka varian unik dari terumbu karang dan piña colada dapat kamu temui di kawasan ini. Namun usaha yang diperlukan untuk bisa sampai ke pulau ini cukup sulit, karena posisinya agak terpencil sejauh 700 km dari pantai Kolombia. Pasti wilayahnya masih begitu alami dan terjaga ya! Wilayah kepulauan yang jarang dikunjungi manusia ini juga terkenal akan air laut jernihnya yang berwarna biru cerah.

7. Medellin

Kota ini terkenal sebagai salah satu kota terindah di kawasan Amerika Selatan. Bahkan atas keindahannya, kota Medellin mendapat julukan “kota musim semi abadi”. Persis seperti keindahan yang terpancar saat musim semi. Berbagai kegiatan wisata bisa dilakukan di kota ini, seperti mendaki gunung, berenang dan menjelajahi wisata alam. Kota Medellin terletak pada ketinggian 5.000 kaki dari permukaan air laut, serta posisinya dekat dengan Ekuador. Iklumnya cukup hangat disini, sehingga kamu tidak akan menggigil kedinginan saat berkunjung ke tempat ini. Suhu normal yang umum terjadi disini sekitar 15°C. Aneka kegiatan wisata yang populer dijalani di tempat ini adalah tur kontroversial dalam memperingati Pablo Escobar. Jika kamu berkunjung pada bulan Agustus, kamu juga dapat turut merayakan parade bunga Medellin yang menjadi parade bunga terbesar di seluruh dunia.

8. San Gil

Jika kamu menyukai olahraga, maka kamu dipastikan harus mampir ke kota ini. Kota San Gil menjadi kota pusat destinasi para penggemar olahraga yang berkunjung ke Kolombia. Bahkan kota ini terkenal akan aktivitas memicu adrenalinnya. Aneka kegiatan menantang bisa dilakukan seperti arung jeram, paralayang, menjelajahi gua, berpetualang ke tempat mendaki yang terjal, abseiling, terjun bebas bungee jumping, dan masih banyak aktivitas menantang lainnya. Kota ini juga memiliki pemandangan yang indah dari perpaduan budaya kuno dan modernnya.

9. Villa de Leyva

Kota ini menjadi kota di Kolombia yang paling dicintai banyak orang. Dengan memiliki sebuah plaza terbesar di wilayah Amerika Selatan, kota kesayangan ini sering mengadakan aneka festival yang menarik. Lokasinya cukup dekat dari Bogotá. Dan kota ini tidak terlalu ramai seperti pusat kota yang dapat membuat pusing kepala. Bagi kamu pecinta benda-benda peninggalan kuno, kota dengan fasilitas museum fosil dan arkeologi yang lengkap ini dapat menjadi pilihan menarik bagimu. Tidak hanya itu, Villa de Leyva juga memiliki peternakan untuk yang dapat dikunjungi dan gunung untuk aktivitas mendaki, seperti layaknya ninja Hatori.

10. Pulau Gorgona

Pulau Gorgona menjadi pulau terpencil di wilayah Kolombia yang terkenal akan kelimpahan aneka macam satwa liar. Bahkan kamu dapat menemukan monyet capuchin yang namanya lucu menyerupai nama kopi disini! Apakah monyet itu gemar memakan biji kopi ya? Selain money capuchin, berbagai jenis satwa liar lain seperti beberapa ular berbisa hingga kadal yang kulitnya berwarna biru neon juga hidup disini. Aneka hewan air juga mendiami kawasan laut pasifik. Ikan pari manta, paus bungkuk hingga hiu martil yang penampilannya unik sudah terdaftar sebagai warga tetap di kawasan perairan ini. Sayangnya beberapa jenis satwa liar yang hidup di wilayah ini banyak yang hampir punah, seperti penyu yang mendiami perairan laut pasifik. Maka dari itu kita harus benar-benar menjaga kondisi alam dengan baik untuk kelangsungan hidup satwa liar ya! Seperti itulah beberapa gambaran dari tempat wisata yang bisa dikunjungi di kawasan Amerika Latin. Kamu siap untuk berpetualang?