Fakta Keindahan Sungai Pelangi di Kolombia

Saat anda akan melancong di Kolombia ada salah satu dari tujuan wisata yang sangat wajib untuk anda kunjungi yaitu Caño Cristales. Pemandangan alam di sana adalah pemandangan alam yang tidak ada duanya. Dimana di sungai ini mengalir air dalam 5 warna. Apalagi ditambah dari suasana sekelilingnya yang masih asri dan belum tersentuh dengan modernisasi, tentunya menambah pesona pemandangan sungai. Melihat jernihnya air sungai dengan aliran air yang ada di dalamnya dapat membuat mata anda nantinya menjadi lebih segar dan terkadang membuat seseorang sangat larut dalam pandangan.

Jika mendengar sebuah kata pelangi mungkin Anda akan berpikir bahwa akan datang setelah terjadinya hujan. Tentunya yang ada di benak Anda adalah sebuah pelangi yang menghiasi langit dengan beberapa warna yang indah. Namun, pernahkan terpikir oleh Anda bahwa terdapat sebuah sungai yang dihiasi oleh pelangi di dalam air ? Tentunya ini akan terlihat sangat indah dengan beberapa warna yang bercampur menghiasi dasar air.

Fakta Keindahan Sungai Pelangi di Kolombia

Seperti yang sebelumnya sudah dilansir dari Dailymail, terdapat sebuah sungai di Kolombia yang bernama sungai Cano Cristales. Orang-orang menganggapnya sebagai sungai terindah sbobet login yang ada di dunia. Sungai yang dikenal dengan ‘pelangi cair’ ini memiliki warna yang sangat cantik yang berasal dari tanaman air tawar bernama Macarenia clavigera dan juga endemik Sierra de la Macarena. Untuk dapat mencapai sungai pelangi ini memang membutuhkan sebuah usaha yang lebih. Tapi jika anda nantinya sudah disana, penat anda akan terbayarkan. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang sungai pelangi yang ada di Kolombia.

Sungai Pelangi terletak di pedalaman Kolombia


Caño Cristales atau dalam bahasa Indonesia yang berarti sungai 5 warna atau sungai pelangi. Sungai ini merupakan sungai yang terletak di 170 km selatan Bogotá, di dalam hutan belantara terpencil di Taman Nasional Sierra de La Macarena, wilayah Kolombia tengah. Sungai pelangi ini akan tampak memiliki 5 warna pada awal periode Juli hingga November atau selama beberapa rentang pendek antara musim penghujan dan musim kemarau. Warna yang memancar di dalam sungai ini meliputi warna kuning, hijau, biru, hitam, dan juga rona merah.

Lima warna yang sungai di pengaruhi ekosistem

Pada sungai tersebut warna yang paling banyak terlihat adalah warna merah tua. Hal itu, disebabkan oleh tanaman yang mirip dengan lumut yaitu Macarenia clavigera yang banyak tumbuh di dasar sungai. Warna Macarenia clavigera bisa bermacam-macam sangat tergantung dengan waktu dan banyaknya sinar matahari yang masuk. Bisanyanya akan berwarna magenta,merah terang atau warna ungu. Untuk warna lainnya seperti halnya warna biru yaitu berasal dari perairan sungai dan bebatuan penghasil warna hitam, hijau dari tumbuh-tumbuhan dan warna kuning dari ganggang.

Keindahannya baru diketahui tahun 2000-an

Pada abad ke-20 terdapat perang antara pemerintah Kolombia dengan para pengedar narkoba dan tentara gerilya Farc. Yang saat itu menyebabkan hutan belantara ini menjadi sebuah tempat yang berbahaya untuk dikunjungi. Bahkan pada tahun 1989 hingga tahun 2009, kawasan terpencil ini ditutup untuk publik. Namun pada tahun 1989 ada jurnalis Kolombia yang bernama Andrés Hurtado García melakukan sebuah pendakian hingga sampai di hutan terpencil ini. Tak diduga jurnalis ini dirinya malah menemukan sebuah sungai pelangi. Pada tahun 2016 dimana keadaan di sekitar sudah stabil, hutan ini kemudian mulai dibuka untuk wisata.

Tidak ada hewan berbahaya di sungai

Keadaan alam membuat bebatuan terkikis sehingga membentuk beberapa kolam-kolam alami yang ada di dasar sungai. Air yang jernih serta tumbuhan yang tidak menutupinya membuat beberapa wisatawan dapat berenang di kolam tersebut. Hal yang dapat menambah kesenangan adalah ketika berada di sungai pelangi tidak akan ada hewan berbahaya yang anda temui di sana, hanya terdapat amfibi dan juga beberapa reptil yang berkeliaran sekitar sungai.

Perjalanan panjang menuju ke sungai lima warna

Sungai pelangi ini terletak di hutan belantara yang cukup terpencil, jadi jika nantinya anda ingin mengunjungi sungai ini anda dapat mencapainya dengan perjalanan yang cukup panjang. Tempat yang tepat untuk memulai perjalanan untuk dapat pergi ke sungai ini adalah dimulai dari kota Villavicencio. Lalu dilanjutkan dengan naik pesawat kecil selama satu jam.

Tidak berhenti disitu, pesawat akan mendarat di La Macarena di tepi Sungai dari Guayabero dan kemudian anda harus lanjut lagi dengan menggunakan perahu motor. Perjalanan perahu motor dapat menempuh jarak beberapa kilometer agar dapat membawa anda ke hulu sungai. Lalu kemudian di puncak taman nasional akan ada truk yang menunggu anda untuk dapat menuju ke sungai pelangi tersebut.

Upaya Menjaga Ekosistem Sungai

Untuk dapat melindunginya dari ancaman dan juga berbagai macam kerusakan lingkungan, Cano Cristales lokasinya tidak dapat diakses melalui jalan darat. Tetapi Anda juga hanya bisa mengunjungi tempat ini yaitu selama awal Mei hingga awal Desember, diluar dari waktu tersebut tempat ini akan ditutup bagi para wisatawan luar.

Selain itu, jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini, maka hal yang perlu untuk anda ingat yaitu disini anda akan dilarang untuk menggunakan sunscreen ataupun krim anti serangga lainnya dan diperbolehkan berenang hanya pada area tertentu saja yaitu area yang memang tidak ditumbuhi oleh Macarenia clavigera.

Tentunya hal ini bertujuan agar sungai tidak merusak dan tumbuhan Macarenia clavigera dapat terjaga dan juga tidak adanya pencemaran perairan. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, perlu juga perhatikan cuaca yang ada di sekitar sungai. Jika sedang berawan, pantulan warna-warni yang akan dihasilkan dari sungai ini kurang begitu jelas. Dan saat sedang terjadi musim kemarau akan berakibat volume air sungai berkurang, tumbuhan Macarenia clavigera juga akan berkurang jumlahnya dan akan berubah menjadi warna coklat biasa.

Untuk mengunjungi Sungai Pelangi Cair ini, pengunjung juga harus menggunakan sebuah jasa pemandu yang bersertifikat. Sebab, anda akan mengunjungi tempat yang berada di kawasan Taman Nasional dan perlu mendapatkan izin dari pihak Taman Nasional tersebut. Ada jumlah dan batasan tertentu pengunjung untuk setiap harinya. Bisa saja pengunjung yang datang tanpa adanya bantuan dari jasa pemandu, namun perizinan untuk masuk kawasan tersebut akan sangat sulit nantinya.

Peran pemerintah setempat sangat membantu untuk menjaga kelestarian dari lingkungan yang ada di sekitar sungai Pelangi Cair ini. Dan hal tersebut juga telah dibuktikan, setiap tahunnya pengunjung masih dapat melihat keindahan dari lima warna yang terdapat di sungai Caño Cristales pada setiap tahunnya. Sehingga tidak heran jika sungai Caño Cristales ini juga menjadi sungai paling indah yang ada di dunia.

Pemandangan yang unik dan indah menjadi sebuah daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun internasional yang berkunjung ke sungai ini. Tak hanya wisatawan, para fotografer alam dan juga pakar geografi berdatangan seakan mereka tidak ingin melewatkan fenomena ini. Bagaimana dengan kalian, apa kalian mau melewatkan keindahan alam ini?

Demikian itulah beberapa fakta menarik tentang sungai Caño Cristales yang merupakan sungai pelangi lima warna. Sungai tersebut memiliki keindahan yang menawan, jangan lupa jika anda akan mengunjungi sungai ini anda juga harus memperhatikan apa saja yang dilarang di sana. Hal tersebut bertujuan agar sungai Caño Cristales keindahannya dapat terus terjaga dan tidak rusak.