Wisata Kuliner Makanan Tradisional Kolombia

Kolombia sendiri merupakan salah satu negara yang memang menjadi negara yang berada di kawasan Amerika Selatan yang letaknya sendiri berada di antara Samudera Pasifik dan juga Laut Karibia. Negara bekas jajahan Spanyol ini juga memiliki berbagai macam keanekaragaman budaya, baik dari masyarakat aslinya, atau pendatang yang datang dari Eropa maupun pendatang dari Afrika yang bercampur menjadi satu di negara ini. Percampuran aneka ragam budaya tersebut tentunya menyebabkan adanya asimilasi yang mewujudkan ragam budaya baru di negara tersebut, salah satunya adalah berbagai makanan asli mereka yang sangat eksotik.

Wisata Kuliner Makanan Tradisional Kolombia

Setiap negara yang ada di dunia ini tentunya pasti memiliki beragam kuliner yang khas, termasuk juga dengan negara Kolombia. Kolombia sendiri merupakan sebuah negara yang berada di barat laut Amerika Selatan yang dikenal mempunyai banyak wisata alam dan budaya yang menarik untuk dikunjungi.

Tak hanya wisata alamnya saja yang menarik, Kolombia juga kaya akan berbagai macam sajian khas yang unik namun tetap menggugah selera, mulai dari berbagai makanan ringan hingga sajian beratnya yaitu seperti nasi dan juga sup. Untuk anda yang penasaran dan mungkin berencana untuk berwisata ke negara Kolombia, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba beberapa makanan tradisional mereka berikut ini.

Bandeja Paisa

Bandeja Paisa merupakan sebuah makanan asli dari Kolombia yang sangat populer di negara tersebut, terutama di region Paisa dan juga Antioquia. Uniknya dari makanan tersebut, karena menghadirkan berbagai macam makanan di dalam satu loyang. Seperti kacang merah, telur, nasi, daging sapi, daging babi, sosis, hogao, dan juga alpukat serta tambahan lemon. Asal muasal dari hidangan ini, yaitu adanya percampuran antara budaya masyarakat asli, kolonisasi Spanyol, serta pendatang yang berasal dari Afrika pada abad ke 19 yang kemudian menciptakan perpaduan makanan ini.

Ajiaco

Ajiaco merupakan sebuah sajian sup yang umum akan ditemui di Kolombia, selain itu hidangan tersebut juga sangat populer di ibu kota Bogota, serta dapat ditemui di beberapa negara lainya seperti Kuba dan Peru. Sup yang terbuat dari bahan dasar ayam yang kemudian dipadukan dengan tiga varian kentang, jagung, dan juga diberikan tambahan bumbu dari tanaman Galinsoga parviflora yang menambah kekayaan rasa dari sup tersebut. Namun untuk asal mula dari makanan ini masih belum diketahui secara pastinya, hal tersebut juga masih menjadi perdebatan hingga saat ini.

Cazuela de Mariscos

Kemudian ada lagi satu dari makanan khas Kolombia yang dibuat dengan menggunakan bahan seafood, yakni Cazuela de Mariscos. Hidangan satu ini juga cukup populer di Kolombia, di mana negara yang satu ini memang menjadi salah satu penghasil olahan laut yang cukup besar. Sedangkan bahan-bahan utama untuk pembuatannya yaitu menggunakan kerang, udang, cumi-cumi, lobster, santan, bawang bombay, cilantro, cream, dan juga pasta tomat. Pastinya rasa yang akan dihasilkan dari makanan tersebut akan sangat nikmat. Ditambah dengan berbagai macam bumbu dan juga seafood segar yang nantinya akan sangat menggugah selera.

Changua

Ada lagi salah satu hidangan berjenis sup asal Kolombia yang bernama Changua. Changua ini juga menjadi salah satu makanan yang sangat populer di area pegunungan Andes di Kolombia, seperti halnya daerah Boyaca, Cundinamarca dan juga Bogota. Sup ini terbuat dari perpaduan bahan antaranya susu, air, yang kemudian akan ditambah dengan rebusan telur namun tanpa merusak kuning telurnya.

Tak hanya itu saja, sup yang satu ini juga dapat dihidangkan dengan tambahan keju yang akan membuat rasanya menjadi semakin nikmat. Pada masa modern saat ini sajian Changua bisanya akan ditambahkan dengan aneka macam roti, ayam dan juga berbagai makanan lainnya, serta Changua sangat cocok untuk sarapan pagi.

Arepa

Terakhir ada roti Arepa yang sudah sangat terkenal di negara Kolombia dan Venezuela. Dimana roti tersebut terbuat dari bahan utamanya yang berupa tepung jagung atau tepung tapioka. Roti nikmat ini menjadi sebuah makanan keseharian masyarakat Kolombia dan juga masyarakat Venezuela yang dapat disajikan bersama dengan keju, susu kental manis, daging ayam, daging sapi, alpukat, dan juga berbagai macam olahan makananan yang lainnya.

Selain itu, Arepa juga sebenarnya merupakan sebuah makanan kuno yang sudah ada dari masa pre-Columbian yang kemudian diturunkan dari masyarakat asli Indian hingga pada masa penjajahan Spanyol, dan sampai saat ini.

Sancocho

Sancocho adalah salah dari makanan khas Kolombia yang tak boleh anda lewatkan. Sajian yang satu ini berasal dari kawasan Valle de Cauca, seperti kota Cali, Tulua dan juga Buenaventura. Meskipun begitu, sajian tersebut konon berasal dari Spanyol yang kemudian populer di seluruh Amerika Selatan. Sancocho ini adalah hidangan yang terbuat dari ikan dan berbagai jenis daging yang kemudian dipadukan dengan yucca, jagung, kentang, pisang raja. Biasanya Sancocho akan disajikan bersama dengan nasi putih agar terasa lebih nikmat.

Agua de panela

Makanan khas Kolombia yang satu ini sebenarnya bukanlah sebuah makanan berat, melainkan sebuah minuman khas yang juga cukup populer di negara tersebut. Agua de Panela biasa dinikmati sebagai menu untuk sarapan, apalagi jika cuaca disana sedang dingin. Agua de Panela merupakan sebuah minuman klasik berupa coklat panas yang kemudian dicampur dengan keju, yang dicampur hingga keju tersebut benar-benar tercampur.

Jika anda adalah salah satu orang penyuka coklat dan juga penyuka keju, maka menikmati minuman yang satu ini adalah sebuah pilihan yang sangat tepat. Apalagi jika cuaca disana sedang turun hujan atau musim dingin. Untuk menikmati Agua de Panela ini anda nantinya bisa menambahkan roti panggang. Biasanya masyarakat Bogota akan mencelupkan roti ke dalam coklat panas yang sudah dicampur dengan keju tersebut.

Arroz Con Coco

Makanan khas Kolombia yang terakhir adalah Arroz con Coco. Jika Indonesia memiliki masakan khas nasi uduk yang terbuat dari beras dan tambahan santan, maka Kolombia memiliki Arroz Con Coco. Mungkin namanya akan terdengar sedikit lucu di telinga, namun sajian yang satu ini cukup populer di Kolombia dan juga di beberapa negara Amerika Selatan lainnya. Arroz con Coco terbuat dari beras, air, santan, garam dan juga gula sehingga menciptakan cita rasa yang gurih namun juga sangat nikmat.

Bunuelos

Makanan khas Kolombia yang satu ini merupakan sebuah kudapan berupa gorengan berbentuk bulat, makanan ini banyak sekali ditemukan di Kolombia. Namun tidak hanya di Kolombia saja, makanan ringan ini juga sudah banyak ditemukan di negara-negara latin lainnya. Bunuelos terbuat dari adonan keju putih yang kemudian digoreng hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Sajian ini biasanya akan dihidangkan untuk menu perayaan Natal.

Itu tadi beberapa makanan tradisional dari Kolombia yang menarik untuk dicoba. Jika anda sedang berencana berlibur ke Kolombia, maka jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan dan juga kuliner khasnya. Karena setiap negara pastinya akan mempunyai citarasa yang unik untuk masing-masing kulinernya. Selamat mencoba!